Selasa, 04 Agustus 2009

operasi dasar komputer

OPERASI DASAR KOMPUTER

I.Merangkai Peripheral ke CPU
Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mengaktifkan komputer adalah memastikan Peripheral sudah terpasang dengan baik ke CPU. Maksud peripheral di sini adalah hardware yang ada di luar CPU yang terdiri dari alat input ( keyboard, mouse ), dan alat out put ( monitor, speaker,printer ). Untuk bisa merangkai peripheral dengan baik, perlu diketahui jenis-jenis port dan fungsinya.

A.Mengenal Jenis-Jenis Port dan Fungsinya
Berikut ini adalah jenis-jenis port dan fungsinya :
1.Port PS/2 : berfungsi menghubungkan CPU
(Keyboard/Mouse)dengan keyboard dan mouse

2.Port VGA : berfungsi menghubungkan CPU dengan monitor

3.Port Paralel/ LPT1 : berfungsi menghubungkan CPU dengan printer (printer
jenis lama)

4.Port Audio(Line In : berfungsi menghubungkan CPU dengan (Line Out, & Mic)
peralatan audio (speaker, mic, dan tv tuner)

5.Port USB : berfungsi menghubungkan CPU dengan flash disk, printer
dsb.Hampir semua peripheral sekarang ini dihubungkan ke
CPU melalui port USB, karena pemasangan melalui port ini
lebih mudah dibanding dengan yang lain.

6.Port Serial : berfungsi menghubungkan CPU dengan modem (dial up)

7.Port LAN : berfungsi menghubungkan CPU dengan jaringan komputer

Setelah memasang peripheral dengan baik, jangan lupa untuk menguhubungkan power supply ke sumber listrik. langkahnya dengan memasang kabel listrik dari power supply ke sumber listrik PLN. Jika memakai stabilizer, pasang kabel listrik dari power supply ke Stabilizer dan selanjutnya kabel dari stabilizer dipasang ke sumber listrik PLN.

II.Mengaktifkan Komputer Sesuai Prosedur

Cara mengaktifkan komputer ada dua cara, yaitu :

A.Cold Booting
Langkahnya :
1.Pastikan bahwa kabel listrik pada power supply atau stabilizer/ups sudah
terpasang dengan baik ke sumber listrik.
2.Jika memakai stabilizer/ups, hidupkan stabilizer/ups dengan menekan tombol
powernya.
3.Tekan tombol power pada monitor dan cpu
4.Tunggu beberapa saat ketika komputer melakukan proses booting sampai muncul
tampilan desktop. (jangan melakukan perintah apapun pada saat terjadi booting)

Pada komputer yang dibuat multiuser (biasanya pada komputer jaringan) setelah proses booting terdapat proses log in. Pada proses log in diharuskan memasukkan username dan password baru kemudian muncul tampilan dekstop.

B.Warm Booting atau Restart Komputer
Restart komputer perlu dilakukan pada saat komputer hang/ error. Berikut ini cara melakukkan restart komputer :

A. Cara I : 1.klik tombol Start
2.klik Turn Off Computer
3.klik Restart
B.Cara II : 1.tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard secara bersamaan
2.klik menu Shut Down
3.klik Restart
C.Cara III : Tekan tombol reset pada CPU


III.Mematikan Komputer Sesuai Prosedur
Langkahnya :

I. Matikan CPU dengan cara sebagai berikut :
1.Tutup semua dokumen dan aplikasi yang sedang dibuka
2.klik tombol Start
3.klik Turn Off Computer
4.klik Turn Off

II. Matikan monitor dengan menekan tombol power pada monitor
Selain langkah di atas, dapat juga mematikan CPU dengan menggunakan tombol power atau sleep yang ada pada keyboard.
Pada saat-saat tertentu kita terkadang perlu mematikan komputer dengan langkah tidak sesuai prosedur, terutama ketika komputer tidak bisa mati dengan perintah mematikan komputer sesuai prosedur. Namun apabila ini dilakukan dengan sering, akan mengakibatkan hardware, software, dan data pada komputer cepat rusak Khusus hardware yang beresiko rusak adalah Harddisk

B. Macam-Macam Perangkat Lunak
Perangkat lunak komputer, atau hanya perangkat lunak adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan bahwa peran komputer program, prosedur dan dokumentasi dalam suatu sistem komputer.

Istilah meliputi:

Perangkat lunak aplikasi seperti kata prosesor yang melakukan tugas-tugas produktif bagi pengguna.
Firmware adalah perangkat lunak yang diprogram untuk penduduk elektrik Programmable memori perangkat atau pada papan mainboards jenis perangkat keras terpadu operator.
Middleware yang kontrol dan co-ordinates didistribusikan sistem.
Sistem perangkat lunak seperti sistem operasi, antarmuka dengan perangkat keras yang memberikan layanan yang diperlukan untuk aplikasi perangkat lunak.
Software pengujian adalah domain independen dan program pembangunan. Terdiri dari berbagai metode untuk menguji dan menyatakan sebuah produk perangkat lunak sesuai sebelum dapat diluncurkan untuk digunakan baik oleh seorang individu atau kelompok. Banyak tes pada fungsionalitas, performa dan tampilan dilakukan oleh testers modern dengan berbagai peralatan seperti QTP, Load runner kotak hitam dan pengujian, untuk mengedit daftar persyaratan terhadap kode dikembangkan. ISTQB adalah sertifikasi yang ada di dalam permintaan untuk insinyur yang ingin mengejar karir di uji. [2]
Testware yang merupakan istilah umum atau istilah kontainer untuk semua utilitas dan aplikasi perangkat lunak yang melayani dalam kombinasi untuk menguji paket perangkat lunak namun tidak selalu memberikan kontribusi Mei opsional untuk keperluan operasional. Dengan demikian, tidak testware standing konfigurasi tetapi hanya sebuah lingkungan kerja untuk aplikasi perangkat lunak atau subkumpulan itu.
Perangkat lunak meliputi hal-hal seperti website, program atau video game, yang oleh kode bahasa pemrograman seperti C atau C + +.

"Software" kadang-kadang digunakan dalam konteks yang lebih luas untuk berarti apa-apa yang tidak tetapi hardware yang digunakan dengan perangkat keras, seperti film, kaset dan mencatat.


Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
1.Sistem Operasi
2.Program Aplikasi
3.Bahasa Pemrograman
4.Program Bantu
5.Program Paket
6.Program Permainan
7.Program Multimedia

1. SISTEM OPERASI
Sistem operasimerupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin). Penggunaan processor, memory, hardisk dan komponen lainnya diatur oleh sistem operasi .
Contoh Sistem Operasi :
- Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, WIndows Me, WIndows XP, Windows Vista, WIndows NT (untuk jaringan).
- Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
- Produk Apple : Macintosh
- Produk IBM : DOS, UNIX

2. Program Aplikasi
Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.

3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. dengan bahasa pemrograman , kita dapat menyusun perintah-perintah yang harus dijalankan oleh komputer sehingga menghasilkan informasi atau melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan.
Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
1.Low Languange Program ( Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly
machine
2.Middle Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa
C++
3.High Language Program ( Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi ), Contohnya Pascal,
Borland , Fotran
4.4GL ( Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4 ), contohnya Visual Basic, Visual FOxPro

4. Program Bantu ( Utility )
Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya. Program jenis ini tidak banyak melibatkan pengguna dalam penggunaannya, tetapi bekerja sendiri sesuai dengan perintah dan fungsinya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup , Disk Defragmenter, dsbnya.

5. Program Paket
Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka ( Microsoft Excel), Untuk Program Presentasi ( Microsoft Power Point) dll.

Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya : Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

6. Program Permainan
Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories WIndows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

7. Program Multimedia
Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet dll

PERANGKAT KERAS (HARDWARE)

Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

1.Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan
memiliki slot untuk kartu tambahan.
2.RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu
mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu
kecepatan PC
Buses:
a.Bus PCI
b.Bus ISA
c.USB
d.AGP
e.ROM (Read Only Memory) di mana firmware diletakkan
f.CPU (Central Processing Unit) sebagai otak dan bagian utama komputer
g.Power supply - sebuah kotak yang merupakan tempat transformer, kontrol voltase dan
kipas
h.Pengontrol penyimpanan, dari jenis IDE, SCSI atau lainnya, yang mengontrol hard
disk, Floppy disk, CD-ROM dan drive lainnya; kontroler ini terletak di papan induk
(atas-papan) atau di kartu tambahan
i.Pengontrol penampilan video yang memproduksi output untuk komputer display
j.Pengontrol komputer bus (paralel, serial, USB, Firewire) untuk menyambung komputer
dengan alat tambahan luar lainnya seperti printer atau scanner
Beberapa jenis penyimpanan komputer:
a.CD - tipe paling umum media yang dapat dilepas, murah tapi mudah rusak.
b.CD-ROM
c.CD-RW
d.CD-R
e.DVD
f.DVD-ROM
g.DVD-RW
h.DVD-R
i.Floppy disk
j.Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
k.Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
l.Disk array controller
m.Kartu suara - menerjemahkan signal dari papan sistem ke bahasa yang dapat n.dimengerti oleh speaker, dan memiliki terminal untuk mencolok kabel suara speaker.
o.Jaringan komputer - untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer
lainnya.
p.Modem - untuk koneksi tekan-tombol.
q.Kartu network - untuk internet DSL/kabel, dan/atau menghubungkan ke komputer lain.

Alat lainnya.
Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
1.Input
2.Keyboard
3.Alat penunjuk
4.Mouse
5.Trackball
6.Joystick
7.Gamepad
8.Scanner gambar
9.Webcam
10.Tablet Grafis
11.Output
12.Printer
13.Speaker
14.Monitor
15.Jaringan/Networking
16.Modem
17.kartu network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar